DR@F

Syndiquer le contenu
Unknownnoreply@blogger.comBlogger15125
Mis à jour : il y a 3 semaines 3 jours

Solusi Sharing Printer Melalui LAN dan WIFI Pada Komputer Yang Berbeda

mar, 19/05/2020 - 22:13
Dalam satu kantor biasanya terdapat printer untuk keperluan mencetak. Tetapi tak jarang jumlah unit komputer dengan jumlah printer tidak seimbang sehingga untuk mencetak harus saling mengoper file dari satu komputer ke komputer lainnya untuk bisa melakukan print. Ada cara yang lebih mudah yaitu sharing printer pada jaringan lokal LAN.

Sharing Printer Melalui Jaringan yang sama
Untuk bisa melakukan share printer dengan satu printer untuk semua komputer kita hanya membutuhkan satu unit komputer sebagai administrator/master dan yang lainnya sebagai client. Keuntungan yang didapat dengan share printer ini adalah perusahaan dapat menghemat penggunaan printer yang berlebih serta menghemat ruang sehingga tidak menjadi sempit.
Share Printer Dengan Satu JaringanPada tutorial kali ini sistem yang admin pakai adalah windows XP, tetapi semua versi windows pada intinya sama pengaturannya dan hanya berbeda dari segi tampilan saja. Jadi mohon untuk menyesuaikan ya.
1. Samakan Workgroup pada PC master dan PC client.
Untuk bisa sharing printer pada satu jaringan, langkah pertama adalah menyamakan workgroup antara PC master dengan PC client. caranya sangat mudah, yaitu klik kanan pada My Computer. Lalu pilih tab Computer Name, dan lihat workgroup pada bagian workgroup. Pilihan ada pada kalian apakah ingin mengganti atau tetap pada workgroup default/standar.
Ubah workgroup
2. Setelah workgroup antara client dengan master sama, selanjutnya mari kita atur pengaturan pada komputer master terlebih dahulu. Buka Control Panel lalu cari Devices and Printer.Nah disini akan terlihat printer yang sudah terinstall sebelumnya, ingat kalau sekarang kita ada di PC master dimana printer terkoneksi. Lalu klik kanan pada printer tersebut dan pilih Sharing untuk bisa kita manfaatkan digunakan pada komputer lain yang terhubung pada satu jaringan.
klik sharing
3. Selanjutnya kamu akan melihat jendela properties printer tersebut, pilih Sharing Properties nah selanjutnya kamu klik opsi share this printer dan ketikkan nama printer yang ingin kamu tampilkan di komputer client nantinya dan klik OK. Jika ini pertamakali kamu mengatur soal sharing akan ada jendela pemberitahuan dan kamu bisa pilih "Just enable file sharing and printer sharing".
printer sharing
Nah cukup sudah pengaturan yang kita lakukan pada komputer master. Mudah bukan ? untuk mengingatkan langkah-langkahnya pertama atur workgroup atau ingat workgroup komputer client, lalu aktifkan sharing printer di control panel.
4. Sekarang kita beralih ke komputer client atau komputer lain yang ingin kamu aktifkan sharing printernya. Caranya, buka Control Panel dan cari Devices and Printers. Setelah terbuka disamping kiri halaman control panel kamu akan melihat beberapa perintah dan pilih add a printer.
add a printer
setelah kamu klik add a printer maka akan muncul jendela baru berupa printer wizard, nah disini lah kita akan menghubungkan printer master dengan printer client. Pada pilihan pertama klik Next, selanjutnya pilih A network printer or a printer attached to another computer. Jangan sampai salah memilih ya. dan kamu klik Next lagi.
pilih pilihan kedua yaitu koneksikan printer yang terhubung dengan komputer lain
Tahap terakhir untuk bisa mengkoneksikan printer pada komputer lain adalah pada tahap ini. Disini kamu mendapati 3 pilihan yaitu:
Browse for a printerConnect to this printer Connect to a printer on the internet.specify a printer
pada dasarnya ketiga pilihan diatas sama saja, tinggal kamu yang mau dengan cara apa. Jika tak mau pusing kamu bisa pilh Browse for a printer, nanti akan muncul daftar printer yang sudah terhubung pada workgroup kamu, namun biasanya butuh waktu cukup lama untuk komputer bisa menemukan printer yang kita tuju. Kalau ingin cepat kamu bisa pilih Connect to this printer, dengan pilihan ini kita bisa langsung 'menembak' printer pilihan kita dengan format "\\(nama komputer master)\(nama printer)" Jika berdasarkan contoh pada gambar saya, berarti saya masukan "\\Operator\BrotherD" dan secara otomatis printer akan bisa kamu gunakan di komputer client. 
Setelah kamu sudah memutuskan mau memakai metode yang mana, klik Next nanti akan muncul jendela peringatan apakah kamu ingin menjadikan komputer sharing ini sebagai komputer default kamu. Kamu bebas mau memilih Yes atau No.
Dan Voila, printer pun sudah bisa terkoneksi antar jaringan yang sama namun komputer yang berbeda. Cukup mudah bukaan. Cara ini bisa kamu lakukan pada printer merk apapun, mulai dari Printer HP, Printer EPSON, Printer Canon Seri apapun. 
Itulah dia cara Koneksi Printer dengan LAN pada Komputer yang Berbeda. Semoga bisa membantu kamu ya. Jangan lupa jika ada pertanyaan seputar masalah komputer, laptop terbaru maupun android bsia kamu tanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Sumber : MyRepairSolution.blogspot.com
Catégories: fr

Begini Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android

mar, 19/05/2020 - 17:45
Smartphone Android merupakan salah satu barang yang sudah pasti dimiliki oleh hampir semua orang. Namun, terkadang terdapat beberapa masalah pada kinerja smartphone android ini. Berbagai permasalahan inipun tak jarang menganggu aktivitas kita dalam menjalankan beberapa program pada smartphone kita.
Namun, kamu tak perlu khawatir lagi, karena terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja smartphone android milik kamu. Berikut beberapa cara meningkatkan performa dan kinerja smartphone android:

Android Lemot? 
1. Gunakan aplikasi yang dapat memantau kegiatan CPU dan RAM 
Penting bagi kamu untuk memiliki aplikasi yang dapat memantau jalannya CPU dan RAM. Karena penggunaan CPU dan RAM yang berlebihan akan berpengaruh pada kinerja smartphone android kamu. Aplikasi-aplikasi yang dapat membantu pemantau CPU dan RAM tersebut dapat kamu unduh di Play Store seperti Antutu CPU Master, CPU-Z, dll . 
2. Adakan pengurangan jumlah aplikasi yang terpasang 
Jika aplikasi yang terdapat pada smartphone kamu cukup banyak, maka saat ini adakan pengurangan. Hal ini karena semakin banyak aplikasi maka akan semakin lambat kinerja smartphone android kamu. Sebaiknya, pilih aplikasi yang memang bermanfaat dan sering kamu gunakan. 
3. Kurangi aplikasi yang berjalan pada background 
Aplikasi yang berjalan pada background akan menimbulkan peningkatan pada penggunaan RAM, sehingga tak jarang ponsel kamu akan melambat performanya. Jadi, akan lebih baik jika kamu meminimalisir kinerja aplikasi pada background. Untuk mengetahuinya, coba install aplikasi Greenify untuk melihat aplikasi yang berjalan pada background. Dengan Greenify terbaru kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.
4. Memberikan ruang kosong pada penyimpanan 
Ruang penyimpanan juga menyumbang pengaruh besar terhadap kinerja smartphone android kamu, usahakan kamu dapat menyediakan sekitar 10% ruang kosong dari total keseluruhan ruang penyimpanan. Karena hal ini akan dapat membantu kinerja dari smartphone kamu.
5. Melakukan partisi SDCard 
Guna menempuh jalan berikut, maka smartphone kamu sudah harus di root. Cara ini berfungsi untuk mengurangi sejumlah aplikasi yang berada pada memory internal smartphone kamu. Kamu dapat menggunakan Sdcard minimal class 6, tetapi akan jauh lebih baik apabila yang anda gunakan berkelas 10. Semakin tinggi class SD card yang kamu gunakan maka semakin cepat juga pemrosesan membaca dan menulis data.
6. Melakukan Proses SWAP SD card 
Jika kamu mempunyai smartphone yang memiliki kapasitas RAM sangat rendah, yakni di bawah 768 MB, maka cara ini merupakan salah satu alternatif tepat. Karena, cara yang satu ini akan dapat meningkatkan performa dari smartphone kamu.
Caranya ialah dengan melakukan SWAP lebih 2x lipat daripada jumlah keseluruhan dari RAM yang terdapat pada telepon pintar milik kamu. Guna melakukan proses ini, maka kamu dapat mempergunakan Mini Tool Partition Wizard. 
Serangkain cara di atas dapat kamu coba untuk mendapatkan smartphone dengan performa dan kinerja yang cukup bagus. Apabila kamu sering mengeluh karena smartphone android kamu berjalan kurang lancar, lambat dan tidak cepat, maka alternatif di atas dapat membantu mengatasi permasalahan kamu.
Demikianlah ulasan mengenai Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua ya, jika ada pertanyaan seputar masalah Komputer atau android, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ini. :)
Sumber : MyRepairSolution
Catégories: fr

Cara Mengatasi Error 404 not found Setelah Pindah Blogger ke Wordpress

mar, 19/05/2020 - 17:40
Sebal rasanya bila tiba-tiba kita menjumpai error 404 not found saat sedang  akan membaca artikel pada blogger. Yup, Error 404 not found adalah kendala yang dapat terjadi apabila terdapat migrasi saat blogger akan pindah ke wordpress. Mungkin kamu panik, tapi tahukah kamu sebenarnya  mengatasi error 404 bit found blogger ke wordpress tidak terlalu sulit. Namun adanya masalah Error 404 not found dapat terjadi apabila adanya perbedaan struktur permalink diantara blogger dan wordpress terutama pada bagian url artikel yang memandunya mengarahkan ke bagian artikel lain.
error 404 setelah migrasi dari blogger ke wordpress ?
Apa itu Error 404 not found ?
Maksud dari error 404 not found adalah sebuah tampilan laman yang tidak dapat dijangkau oleh pembaca sehingga pembaca tidak dapat melihat situs atau laman namun hanya menjumpai laman error 404 not found. Menurut Google, kesalahan tersebut dapat terjadi akibat dari pembaca mengeklik tautan yang rusak, telah lama terhapus ataupun penulis blog yang salah mengetikkan url.

Mengatasi error 404 not found yaitu dengan mengetahui cara dan tips agar pemilik akun dapat dengan mudah mengatasi masalah yang terjadi terhadap blog mereka sehingga para pembaca lain tidak kecewa. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan rating wesite kita.

Berpindah dari halaman blogspot ke wordpress self-hosted pasti terkadang sering mengalami kendala terhadap link yang mereka kelola. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, berikut cara mengatasi error 404 not found dari laman blogger menuju wordpress. Namun sebelum kita dapat mengatasi error 404 not found, sebaiknya kita mencari  tahu terlebih dahulu kode-kode yang harus diperhatikan agar masalah dapat teratasi.
Cara 1 : Mengganti Permalink BlogMengatasi error 404 not found dengan cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke Wp admin, lalu pilih menu setting. Langkah berikutnya pilih permalink dan ubah settingan permalink ke dalam mode default dan klik save. Selanjutnya ubahlah ke dalam format intiman kemudian klik save.
Cara 2 : Lakukan Modifikasi Pada HtaccessCara mengatasi error 404 not found yaitu dengan modifikasi htaccess ini berguna bagi pengguna web hosting melalui Apache. Sehingga cara mengatasi error yang terjadi setelah berpindah dari blogger ke wordpress yaitu dengan menambahkan kode tertentu pada file perekstensi htaccess selanjutnya simpan/save kode tersebut.
Simpan kode htaccess berikut :
RewiteEngine on
ResirectMatch 301/([0-9]+)/([0-9+)/(.*) .html$/$3/

Cara 3 : Modifikasi File Konfirgurasi Nginx Bagi yang menggunakan Nginx VPS harus memiliki akses via ssh. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka file konfirgurasi pada blog, dan pastikan defaultnya sesuai (etc/nginx/sites-enabled/wordpress) dengan cara membukanya yaitu ketik bagian command sudo nano/etc/ngix/sites-enabled/wordpress dan tambahkan dengan kode redirect 301 pada bagian blok Server {}.
Kode :
Rewrite “  /([0-9]{4}/([0-9]{2}/([ /]+).html$” http:// ---ganti dengan url blog yang digunakan -- $3 permanent;
2. Setelah sukses menganti kode aksesnya, maka jangan lupa untuk mereload ngix dengan command sudo service ngix reload.

Nah, Itulah tips mengatasi error 404 not found setelah pindah blogger ke wordpress, Cukup mudah bukan? semoga ulasan diatas bisa membantu kamu ya. Melalui langkah-langkah tadi anda dapat mencoba mengaplikasikannya untuk mengatasi error 404 not found tersebut yang tentu saja mengganggu.

Sumber : Myrepairsolution.
Catégories: fr